Pengecoran Jalan Yang Dilakukan Oleh Seluruh Warga Dibantu Oleh Peserta

Perjalanan Misi Pemuda Advent Pasar Minggu. Ngentak, Jogjakarta

Posted by Admin

Shalom!

Puji Tuhan atas segala kasih karunia dan berkatnya kepada kita sehingga pada tanggal 25 Mei – 1 Juni 2014, Pemuda Advent Pasar Minggu dapat melaksanakan perjalanan misi ke desa Ngentak, Jogjakarta.

Tema dari perjalanan misi kali ini adalah “Share the Love”. Tujuan dari perjalanan misi ini adalah membagikan kasih Tuhan dengan menunjukkan karakter Kristus dalam kehidupan sehari-hari. Para peserta akan tinggal di desa Ngentak dengan konsep Live in. Tinggal bersama warga desa dan melakukan kegiatan-kegiatan mereka.

Perjalanan Misi dengan total peserta 54 orang (5 diantaranya masih balita) dimulai pada tanggal 24 Mei 2014. Dua puluh tujuh peserta pergi dengan menggunakan bus Miniarta pada pukul 21.15 WIB. Sebagian peserta lain pergi menggunakan kereta, dan mobil pribadi. Perjalanan panjang yang menempuh waktu kurang lebih 14 jam dan jalan rusak parah, tidak mengurangi semangat peserta dalam memulai perjalanan misi tersebut.

Esoknya pukul 2 sore, PA Pasar Minggu tiba di Ngentak dengan selamat dan langsung disambut hangat oleh Pdt. Reza Abraham (Gembala Jemaat Ngentak) dan bapak Sunaryo selaku ketua RT 3 Ngentak. Acara dilanjutkan dengan acara kulonuwon (sambutan) oleh aparat desa, serta pembagian tempat tinggal yang dibagi oleh bapak RT sendiri. Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok dengan jumlah 2 sampai 3 peserta dalam satu rumah warga. 27 Rumah warga telah dipersiapkan sebagai tempat tinggal peserta selama acara berlangsung. 98% keluarga tempat peserta tinggal beragama mayoritas atau ex-Advent. Satu harapan besar, dengan kehadiran PA Pasar Minggu dapat mengingatkan dan membagikan kasih Allah kepada mereka.

Tinggal bersama warga desa merupakan pengalaman berharga bagi masing-masing peserta. Seluruh peserta melakukan aktivitas sesuai dengan kegiatan keluarga baru mereka. Profesi warga desa Ngentak rata-rata adalah peternak dan petani. Bangun pagi-pagi buta, memasak dengan peralatan ala kadarnya, mencari rumput untuk makanan ternak, berjualan, memanen padi, memanen hasil ladang, merupakan hal-hal yang dilakukan oleh peserta dengan semangat setiap harinya.

Desa ini masih membutuhkan sarana transportasi yang layak. Kondisi jalan yang sangat rusak sering menyulitkan aktivitas warga. Dengan adanya donator dari jemaat Pasar Minggu, pada tanggal 27 Mei dilaksanakan kegiatan pengecoran jalan yang dilakukan oleh seluruh warga dibantu oleh peserta.

Acara inti dari perjalanan misi ini adalah Health Expo, dan APTA. Acara Health Expo sendiri diadakan pada hari yang sama dengan pengecoran jalan. Tiga orang dokter, dan tiga missionaris dari Healing Way Ministry membantu menyukseskan acara ini. Acara ini tidak menyajikan obat sama sekali. Para dokter dan tim medis selalu mengarahkan pasien kepada gaya hidup sehat serta pengobatan penyakit dengan hasil alam. Terapi yang dilakukan adalah dengan terapi jus dan arang. Acara ini terbilang sangat sukses bahkan harus dilakukan selama dua hari karena permintaan dari penduduk desa sekitar Ngentak.

Acara APTA juga tidak kalah sukses. Acara yang dilaksanakan setiap sore ini dihadiri lebih dari 30 orang anak yang selalu bersemangat dalam belajar tentang kasih Tuhan melalui lagu, games, dan seminar kesehatan. Acara APTA ini juga dilengkapi dengan kelas bahasa Inggris dan kerajinan tangan. Tidak hanya itu, pada tanggal 29 Mei 2014 anak-anak peserta APTA dibawa ke Taman Pintar, Jogjakarta untuk Study Tour.

Hari sabat sendiri merupakan hari yang sangat spesial. Para peserta dapat beribadah bersama-sama dengan seluruh jemaat Ngentak. Khotbah yang dibawakan oleh Bpk. E. Panggabean selaku penasehat acara misi ini memberikan semangat kepada seluruh jemaat untuk mempercayakan segala beban kepada kasih Tuhan. Acara PA kemudian diadakan di alam terbuka, diisi dengan Bible Study, Games Alkitab, dan Sesi Sharing.

Sehabis tutup sabat, acara puncak yaitu acara malam budaya sekaligus malam perpisahan dilaksanakan di persimpangan jalan desa yang sudah diperbaiki. Seluruh warga desa telah berkumpul secara antusias. Acara ini dimulai dengan kata sambutan dari aparat desa dan Maurich Sinaga selaku ketua pelaksana, kemudian dilanjutkan dengan video kegiatan-kegiatan yang dilakukan sepanjang minggu, beserta penampilan dari adik-adik peserta APTA yang berhasil membuat seluruh orang tua bangga. Acara dilanjutkan dengan tari sajojo yang dipimpin oleh beberapa pemuda Pasar Minggu dan diikuti oleh seluruh warga desa.

Acara diakhiri dengan lagu yang dibawakan oleh seluruh peserta perjalanan misi dan doa tutup oleh Pdt. Reza Abraham. Setelah berdoa, peserta bersalam-salaman dengan seluruh warga desa. Dengan rasa haru dan isak tangis, para warga merasa sangat bersyukur dan berterimakasih atas kedatangan PA Pasar Minggu dan berharap, Tuhan memberikan kesempatan lagi untuk datang dan berkunjung kembali dimasa yang akan datang. Tidak lupa warga yang merupakan mantan Advent meminta untuk selalu didoakan agar dikuatkan kembali untuk menerima kebenaran beserta seluruh keluarga.

Pukul 22.00, seluruh peserta bersiap untuk berangkat kembali ke Jakarta. Dan atas berkat rahmat Tuhan, Minggu tanggal 1 Juni 2014 seluruh peserta telah tiba di Jakarta tanpa kekurangan satu apapun.

Kami ucakan terimakasih kepada seluruh jemaat Pasar Minggu, panitia, tim medis, sponsor-sponsor, beserta semua orang yang terlibat dalam acara ini. Biarlah hanya nama Tuhan saja yang dipermuliakan dalam perjalanan misi ini.

Mari menginjil, sampai Maranatha!